Cari Blog Saya

Memuat...

Senin, 30 Januari 2012

RPP Akidah Akhlak kelas VII semester 2

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 1 dan 2
Standar Kompetensi   :  4.  Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar    :  4.1. Menguraikan 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum).
Indikator                     :  4.1.1. Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
 4.1.2. Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan Asmaul Husna
 4.1.3. Menyebutkan arti 10 Asmaul Husna
 4.1.4. Menjelaskan Isi kandungan 10 asmaul Husna
Waktu                                     :  4 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat :
1.  Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2.  Menyebutkan dalil naqli tentang turunnya ayat yang berkaitan dengan Asmaul Husna
3.  Menyebutkan 10 arti Asmaul Husna
4.  Menjelaskan isi kandungan 10 Asmaul Husna beserta dalil naqlinya

B.     Materi Pembalajaran
Materi pembelajaran pertemuan pertama
1. Pengertian Asmaul Husna, Asma artinya beberapa nama dan Husna artinya yang baik. Jadi asmaul Husna adalah nama-nama yang indah bagi Allah SWT yang pantas dimiliki oleh Allah sesuai dengan kebesaran-Nya dan keagungan-Nya
2. Dalil Naqli tentang Asmaul Husna, QS. Al-Isra’ : 110
Artinya : Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"
     
Yang kedua QS. al-A’raf : 180 yang berbunyi :
Artinya : Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Materi pembelajaran pertemuan kedua
3. 10 Asmaul Husna dan artinya, 1). Al-“Aziz artinya Yang Maha Perkasa, 2). Al-Ghaffar artinya yang Maha Pengampun, 3). Al-Basith artinya yang melapngkan rezki, 4). An-Nafi’ artinya yang memberi manfaat, 5). Ar-Raufu artinya yang maha pengasih, 6). Al-Barr artinya yang melimpahkan kebaikan, 7). Al-Hakim artinya yang maha bijaksana, 8). Al-Fattah artinya yang maha memberi keputusan, 9). Al-‘Adl artinya yang maha adil dan 10). Al-Qayyum artinya yang terus menerus mengurus.
4. dalil naqli tentang 10 asmaul husna, 1). Al-Aziz, QS. Al-Jumah ayat : 1
ßxÎm7|¡ç ¬! $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# $tBur Îû ÇÚöF{$# Å7Î=pRùQ$# Ĩrà)ø9$# ̓Íyèø9$# ÉOÅ3ptø:$# ÇÊÈ
    Artinya  Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. raja, yang Maha suci, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
        2). Al-Ghaffar, QS. Thaha : 82
ÎoTÎ)ur Ö$¤ÿtós9 `yJÏj9 z>$s? z`tB#uäur Ÿ@ÏHxåur $[sÎ=»|¹ §NèO 3ytF÷d$# ÇÑËÈ
Artinya : Dan Sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, Kemudian tetap di jalan yang benar.
         3). Al-Basith, Qs. Al-Qshash : 82
yxt7ô¹r&ur šúïÏ%©!$# (#öq¨YyJs? ¼çmtR%s3tB ħøBF{$$Î/ tbqä9qà)tƒ žcr(s3÷ƒur ©!$# äÝÝ¡ö6tƒ šXøÎh9$# `yJÏ9 âä!$t±o ô`ÏB ¾ÍnÏŠ$t7Ïã âÏø)tƒur ( Iwöqs9 br& £`¨B ª!$# $oYøn=tã y#|¡ys9 $uZÎ/ ( ¼çm¯Rr(s3÷ƒur Ÿw ßxÎ=øÿムtbrãÏÿ»s3ø9$# ÇÑËÈ
Artinya : Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: "Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezki bagi siapa yang dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar dia Telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang- orang yang mengingkari (nikmat Allah)".


     4). An-Nafi’ QS. Al-Mukmin : 21
¨bÎ)ur ö/ä3s9 Îû ÄN»yè÷RF{$# ZouŽö9Ïès9 ( /ä3É)ó¡S $£JÏiB Îû $pkÍXqäÜç/ ö/ä3s9ur $pkŽÏù ßìÏÿ»uZtB ×ouŽÏVx. $pk÷]ÏBur tbqè=ä.ù's? ÇËÊÈ
Artinya : Dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,
     5). Ar-rauf, al-Baqarah : 142
* ãAqà)uy âä!$ygxÿ¡9$# z`ÏB Ĩ$¨Z9$# $tB öNßg9©9ur `tã ãNÍkÉJn=ö6Ï% ÓÉL©9$# (#qçR%x. $ygøn=tæ 4 @è% °! ä-ÎŽô³pRùQ$# Ü>̍øóyJø9$#ur 4 Ïöku `tB âä!$t±o 4n<Î) :ÞºuŽÅÀ 5OŠÉ)tGó¡B ÇÊÍËÈ
Artinya : Orang-orang yang kurang akalnya[93] diantara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka Telah berkiblat kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus".
    6). Al- barr, Qs. At-Thur : 27-28
 ÆyJsù ª!$# $uZøŠn=tã $oY9s%urur z>#xtã ÏQqßJ¡¡9$# ÇËÐÈ $¯RÎ) $¨Zà2 ÆÏB ã@ö6s% çnqããôtR ( ¼çm¯RÎ) uqèd Žy9ø9$# ÞOŠÏm§9$# ÇËÑÈ
Artinya :  Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang.
    7). Al-Hakim, QS. Az-Zukhruf : 84
uqèdur Ï%©!$# Îû Ïä!$yJ¡¡9$# ×m»s9Î) Îûur ÄßöF{$# ×m»s9Î) 4 uqèdur ÞOŠÅ3ptø:$# ÞOŠÎ=yèø9$# ÇÑÍÈ
Artinya :  Dan dialah Tuhan (yang disembah) di langit dan Tuhan (yang disembah) di bumi dan Dia-lah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.
     8). Al-Fattah, QS. Saba : 26
ö@è% ßìyJøgs $uZoY÷t/ $oYš/u ¢OèO ßxtGøÿtƒ $uZoY÷t/ Èd,ysø9$$Î/ uqèdur ßy$­Fxÿø9$# ÞOŠÎ=yèø9$# ÇËÏÈ
Artinya : Katakanlah: "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, Kemudian dia memberi Keputusan antara kita dengan benar. dan Dia-lah Maha pemberi Keputusan lagi Maha Mengetahui".
     9). Al-Adl, QS. Al-anbiya’ : 47
ßìŸÒtRur tûïκuqyJø9$# xÝó¡É)ø9$# ÏQöquÏ9 ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# Ÿxsù ãNn=ôàè? Ó§øÿtR $\«øx© ( bÎ)ur šc%Ÿ2 tA$s)÷WÏB 7p¬6ym ô`ÏiB @AyŠöyz $oY÷s?r& $pkÍ5 3 4s"x.ur $oYÎ/ šúüÎ7Å¡»ym ÇÍÐÈ
Artinya : Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) Hanya seberat biji sawipun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah kami sebagai pembuat perhitungan.
     10). Al-Qayyum, QS. Al-Baqarah : 255
ª!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ÓyÕø9$# ãPqs)ø9$# 4 Ÿw ¼çnäè{ù's? ×puZÅ Ÿwur ×PöqtR 4 ¼çm©9 $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# $tBur Îû ÇÚöF{$# 3 `tB #sŒ Ï%©!$# ßìxÿô±o ÿ¼çnyYÏã žwÎ) ¾ÏmÏRøŒÎ*Î/ 4 ãNn=÷ètƒ $tB šú÷üt/ óOÎgƒÏ÷ƒr& $tBur öNßgxÿù=yz ( Ÿwur tbqäÜŠÅsム&äóÓy´Î/ ô`ÏiB ÿ¾ÏmÏJù=Ïã žwÎ) $yJÎ/ uä!$x© 4 yìÅur çmÅöä. ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur ( Ÿwur ¼çnߊqä«tƒ $uKßgÝàøÿÏm 4 uqèdur Í?yèø9$# ÞOŠÏàyèø9$# ÇËÎÎÈ
Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.
C.    Metode Pembelajaran : 
*      Ceramah
*      Tanya jawab
*      Drill

D.    Kegiatan Pembelajaran
* Kegiatan pembelajaran pertemuan pertama
a.       Kegiatan pendahuluan
1.      Do'a, Baca Al-quran dan Absensi
2.      Appersepsi
a)      Guru memutar lagu As-ma'ul husna
b)      Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang didengarnya dan menanyakan bagaimana perasaan mereka setelah mendengarkan lagu as-ma'ul husna tersebut.
3.      Motivasi
Guru menyampaikan kepada siswa manfa'at mempelajari asma'ul husna dalam kehidupan sehari-hari
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
Guru memberikan kertas yang berisi 10 asma'ul husna beserta artinya kepada siswa
Guru menyuruh siswa mencari teman-teman nya yang memiliki salah satu asma'ul husna untuk dicocokkan dengan artinya.
             2.  Elaborasi :
Guru menyuruh siswa yang telah mendapatkan pasangannya untuk menjelaskan kandungan as-ma'ul husna yang didapatkan mereka kepada teman-temannya dan begitu seterusnya.
           3. Konfirmasi :
Guru dan siswa memberikan tepuk tangan bagi kelompok yang pertama kali mendapatkan pasangannya.
Guru menjelaskan kembali materi yang kurang dipahami oleh siswa
      c.  Kegiatan penutup :
*        Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*        Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*        Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari guru

* Kegiatan pembelajaran pertemuan kedua
a.       Kegiatan pendahuluan
1.    Do'a, Baca Al-quran dan Absensi
2.    Appersepsi
a)      Guru memutar lagu As-ma'ul husna
b)      Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang didengarnya dan menanyakan bagaimana perasaan mereka setelah mendengarkan lagu as-ma'ul husna tersebut.
3.      Motivasi
Guru menyampaikan manfa'at mempelajari asma'ul husna dalam kehidupan sehari-hari
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan inti
1.    Ekplorasi
Guru memberikan kertas yang berisi 10 asma'ul husna beserta artinya kepada siswa
Guru menyuruh siswa mencari teman-teman nya yang memiliki salah satu asma'ul husna untuk dicocokkan dengan artinya.
             2.  Elaborasi :
Guru menyuruh siswa yang telah mendapatkan pasangannya untuk menjelaskan kandungan as-ma'ul husna yang didapatkan mereka kepada teman-temannya dan begitu seterusnya.
           3. Konfirmasi :
Guru dan siswa memberikan tepuk tangan bagi kelompok yang pertama kali mendapatkan pasangannya.
Guru menjelaskan kembali materi yang kurang dipahami oleh siswa
c.       Kegiatan penutup :
v Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
v Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatn belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
v Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru.

E.       Alat atau Sumber Belajar
1.    Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.    Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai
3.    Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Arya Duta
4.    Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Thoha putera

F.   Penilaian
1. Teknik         : Tes Tulis dan Tes Lisan
2. Bentuk Tes  : Essay
G.  Penutup
Soal Ujian pertemuan pertama
1.      Sebutkanlah pengertian dari Asmaul Husna !
2.      Sebutkanlah beberapa dalil yang berkaitan dengan sebab turunnya ayat asmaul Husna !

Soal ujian pertemuan kedua
1.      Sebutkanlah pengertian dari 10 Asmaul Husna !
2.      Sebutkan dalil naqli tentang 10 asmaul husna masing-masingnya 1 ayat !
Soal  No

Skor
Ket
1
Jika benar
50

Jika salah
20

Jika mendekati benar
30

2
Jika benar
100

Jika salah
40

Jika mendekati benar
60


No
Soal Nomor
Skor
1
1
50
2
2
100
Jumlah
150

Nilai Akhir      : Jumlah Skor Perolehan  x 100 %
               Skor Maksimum                  

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         :  MTsS LAbuh
Mata Pelajaran                        :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                        :  VII/II
Pertemuan                               : 3 dan 4
Standar Kompetensi               :  4.  Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar             :  4.2. Menunjukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum).
Indikator                                 :
4.1.1. Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10  Asmaul Husna dari lingkungan sekitar
4.1.2. Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluk ciptaan-Nya
Waktu                                                 :  4  X 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar
2.    Siswa dapat menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluk ciptan-Nya

B.     Materi Pembalajaran
1.  al-‘Aziz. Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi, tak satupun makhluk yang dapat menghalanginya, hal ini terbukti tak ada satupun makhluk yang dapat mempertahankan hidupnya, apabila Allah menghendaki mati maka matilah ia.
2.      al-Ghaffar. Allah selalu membuka pintu taubat untuk hamba-Nya yang terlanjur berbuat salah/dosa dan akan selalu mengampuni setiap hamba-Nya yang benar-benar bertaubat kepada-Nya
3.      al-Basith. Nafsu manusia ingin selalu memiliki kekayaan yang banyak, tetapi tidak semuanya manusia dapat mencapainya, ada yang kaya dan ada yang miskin, karena Allahlah yang membentangkan dan menyempitkan rezeki-Nya kepada manusia.
4.      an-Nafi’. Dalam kenyataan hidup banyak manusia yang terkejut atas kesalahan dan kesesatan, hal dianggap akan memberi manfaat justru mendatangkan mudarat, sebaliknya ada pula yang menyukai sesuatu tapi justru membawa manfaat. Hal itu sebagai bukti bahwa Allah maha berkuasa menentukan manfaat dan mudaratnya sesuatu.
5.      ar-rauf. Ketika belajar biologi manusia sadar bahwa hidupnya sangat bergantung kepada makanan dan minuman serta juga membutuhkan oksigen. Manusia dewasa sehari semalam membutuhkan 16 meter kubik oksigen. Oksigen sebanyak itu telah disediakan Allah secara gratis, tak usah dibayar hal ini sebagai bukti bahwa Allah maha pengasih.
6.      al-Barr. Kedermawanan Allah atas hambanya sangat jelas dirasakan manusia, baiki beriman maupun kafir kepada-Nya, semuanya tersedia walaupun manusia engkar kepada Tuhannya.
7.    al-Hakim. Petunjuk agama yang diberikan kepada manusia adalah bukti kebijaksanaan Allah. Dia mengharamkan berbagai jenis perbuatan buruk, karena memang perbuatan itu berdampak negatif jika dilakukan. Sebaliknya Dia mewajibkan kepada manusia beberapa perbuatan yang berdampak positif bagi yang menaatinya.
8.    al-Fattah. Banyak manusia memaksimalkan usahanya namun hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan, namun sebaliknya ada manusia yang sederhana saja berusaha, namun memperoleh hasil yang cukup lumayan. Berarti manusia hanya dapat berusaha sedangkan hasilnya adalah kuasa dan kehendak Allah semata-mata.
9.      al-‘Adl. Untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan tenteram, Allah membuat aturan agama agar ditaati manusia, hukum qisas untuk pelaku pembunuhan dengan sengaja dan hukum potong tangan bagi pencuri senilai seperempat Dinar keatas.
10.  al-Qayyum. Sejak Nabi Adam sampai sekarang bumi tetap berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari, dengan demikian terjadilah siang dan malam. Keadaan ini berlangsung sampai datangnya Yaumus sa’ah. Dalam mengatur alam smesta ini Allah tidak memerlukan bentuan sipapun dari hamba-Nya.

C.       Metode Pembelajaran :  Diskusi, penugasan dan tanya jawab
D.      Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan pendahuluan
1.      Do'a, Baca Al-Quran dan Absensi
2.      Appersepsi
Sebutkanlah 10 as-ma'ul husna
3.      Motivasi
Guru menyampaikan manfaat mempelajari as-ma'ul husna dalam kehidupan sehari-hari
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
Siswa membaca buku tentang asmaul husna terkait dengan tanda-tanda kebesaran Allah melalui asmaul husna
2.        Elaborasi : Siswa bersama guru menjelaskan tanda-tanda kebesaran Allah melalui asmaul husna.
3.        Konfirmasi : Guru memberikan penegasan

c.  Kegiatan penutup :
v     Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
v     Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
v     Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru.
E.     Alat atau Sumber Belajar
1.      Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.      Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
1.    Teknik             : Tes Tulis dan Tes Lisan
2.    Bentuk Tes      : Essay

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Jelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar  !.
2.      Jelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluk ciptaan-Nya !.
Teknik Penskoran
Soal No

Skor
1 dan 2
Jika Benar
80
Jika Salah
20
Jika Mendekati Benar
40

No
Soal No
Skor
1
1
80
2
2
80
Jumlah
160

Nilai Akhir      : Jumlah Skor Perolehan  x 100 %
               Skor Maksimum                  

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran                        :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                        :  VII/II
Pertemuan                               : 5
Standar Kompetensi               :  4.  Memahami Asmaul Husna
 Kompetensi Dasar
:
4.3 Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum) yang dapat diteladani manusia dalam kehidupan sehari-hari.
 Indikator
:
4.1.1        Menyebutkan bentuk dan contoh sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna yang dapat diteladani manusia dalam kehidupan sehari-hari
4.1.2        Menunjukan ciri orang yang meneladani sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna
Waktu                                                 :  2 X 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan bentuk dan contoh sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari
2.      Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang meneladani sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna

B.     Materi Pembalajaran
    10 Asmaul Husna yang perlu disikapi dalam kehidupan sehari-hari, dan sekaligus diamalkan (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum), seperti perilaku berikut ini :
1)      al-Aziz : Tuinduk dan patuh terhadap ketentuan Allah.
2)      al-Ghaffar : Tidak putus asa dan murung karena suatu dosa yang pernah dilakukan dan selalu memohon ampun kepada Allah
3)      al-Basith : Bersikap qanaah dalam hidup
4)      an-Nafi’ : Tidak tamak terhadap keduniaan
5)      ar-Rauf : Pandai mensyukuri nikmat Allah
6)      al-Barr : Gemar berinfak
7)      al-hakim : Membiasakan diri berbuat ihsan dan berlaku adil
8)      al-Fattah : memutuskan perkara sesuai dengan hukum yang berlaku
9)      -al-Adl : Mencintai keadilan dan berusaha menegakkan keadilan
10)  al-Qayyum : Mengakui kebesaran Allah sebagai pengatur alam semesta dengan sikap tawadhu’
C.    Metode Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Penugasan
·         tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan :
1.      Appersepsi
Apakah dalil tentang as-m'ul husna
2.      Motivasi
Guru menyampaikan manfaat mengamalkan as-ma'ul husna bagi kehidupan sehari-hari
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
Siswa membaca buku tentang asmaul husna terkait dengan perilaku orang yang mengamalkan asmaul husna
2.      Elaborasi : Siswa bersama guru menjelaskan perilaku orang yang mengamalkan asmaul husna.
3.      Konfirmasi : Guru memberikan penegasan
c.  Kegiatan penutup :
·         Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
·         Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
·         Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru.

E.     Alat atau Sumber Belajar
·         Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
·         Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
·         Teknik            : Tes Tulis dan Tes Lisan
·         Bentuk Tes     : Essay

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Jelaskan bentuk dan contoh sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari  !
2.      Jelaskan ciri-ciri orang yang meneladani sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna


Teknik Penskoran
Soal No

Skor
1 dan 2
Jika Benar
60
Jika Salah
10
Jika Mendekati Benar
40

No
Soal No
Skor
1
1
60
2
2
60
Jumlah
120

Nilai Akhir      : Jumlah Skor Perolehan  x 100 %
               Skor Maksimum                  

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran                        :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                        :  VII/II
Pertemuan                               : 6
Standar Kompetensi               :  4.  Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
:
4.4      Meneladani sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum) yang dapat diteladani manusia dalam kehidupan sehari-hari.
 Indikator
:
4.4.1   Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum) di lingkungan keluarga
4.4.2   Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum) di lingkungan Madrasah
4.4.3   Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum) di lingkungan Masyarakat
Waktu                                     :  1 X 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat mengamalkankan sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna di lingkungan keluarga
2.  Siswa dapat mengamalkankan sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna di lingkungan madrasah
3.  Siswa dapat mengamalkankan sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna di lingkungan masyarakat

B.     Materi Pembalajaran
10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Gaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Hakim, al-Fattah, al-‘Adl dan al-Qayyum)
C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Keteladanan
*       Penugasan
*      tanya jawab
D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan pendahuluan
*      Appersepsi
*      Memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan disampaikan
*      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
*      Siswa membaca buku tentang asmaul husna terkait dengan perilaku orang yang mengamalkan asmaul husna.
*      Siswa mencontohkan perilaku pengamalan asmaul husna dalam lingkungan keluarga, madrasah dan masyarakat
2.      Elaborasi : Siswa bersama guru menjelaskan perilaku orang yang mengamalkan asmaul husna.
3.      Konfirmasi : Guru memberikan penegasan
c.  Kegiatan penutup
*      Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*      Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*      Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru.

E.     Alat atau Sumber Belajar
*      Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
*      Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
*      Teknik             : Tes Tulis dan Tes Lisan
*      Bentuk Tes      : Penugasan

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Amatilah orang yang mengamalkan 10 asmaul Husna baik di lingkungan keluarga, madrasah dan masyarakat !

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 7
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan Keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar    : 5.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya iman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
Indikator                     : 5.1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT
 5.1.2. Menunjukan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT
5.1.3. Menjelaskan pengertian makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
5.1.4. Menunjukan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
Waktu                         : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca buku dan tanya jawab diharapkan siswa dapat :
1.   Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
2.      Menyebutkan dalil naqli tentang adanyan malaikat
3.      Menyebutkan pengertian iman kepada makhluk gaib, seperti jin, iblis dan setan
4.      Menyebutkan dalil naqli tentang adanya makhluk ghaib

B.     Materi Pelajaran  
1.      Pengertian iman kepada Malaikat adalah salah satu jenis makhluk ghaib yang diciptakan Allah dari cahaya dia tidak memerlukan sesuatu yang bersifat jasmani atau fisik, yang selalu menghabiskan waktunya siang dan malam adalah untuk mengabdi kepada Allah
2.      Dalil tentang adanya malaikat seperti yang terdapat dalam QS. fathir : 1
              
Artinya : Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
3.      Pengertian jin adalah makhluk ghaib yang tidak dapat diindrai dan diciptakan allah dari api, sementara iblis adalah makhluk ghaib yang diciptkan Allah dari api akan tetapi sifat dasar yang dimilikinya adalah sombong. Setan adalah makhluk yang sifatnya suka menggoda manusia agar terjerumus kepada perbuatan dosa.
4.      Dalil naqli tentang adanya jin, QS ar-Rahman : 1
                                                                        
Artinya : dan Dia menciptakan jin dari nyala api.
Dalil tentang adanya setan, QS al-A’raf : 12
                    
Artinya : Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

C.    Metode Pembelajaran
* Diskusi
* Ceramah
* Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
*      Appersepsi
*      Memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan disampaikan
*      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
*      Guru membagi siswa kepada beberapa kelompok
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
*      Siswa membaca dan menelaah buku tentang iman kepada malaikat, jin, iblis dan setan
*      Siswa membaca buku tentang dalil naqli iman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
2.      Elaborasi
*      Siswa bersama guru menjelaskan pengertian iman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
*      siswa berlatih membaca dalil naqli bersama kawan kelompoknya
3.      Konfirmasi
*      Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa
*      Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa
c.  Kegiatan penutup
*      Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*      Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*      Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru (sekiranya tidak dapat oleh siswa guru menjelaskan kemabli, seandainya dapat ditugasi untuk membaca materi pelajaran minggu depan.

E.     Alat atau Sumber Belajar
* Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Media Karima
* Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai
* Mushaf al-Quran
F.     Penilaian
* Teknik             : Tes Tulis
* Bentuk Tes      : Objektif

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang ke…….
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
2.      Malaikat diciptkan Allah dari……
a.       Cahaya
b.      Api
c.       Tanah
d.      A, b, c dan d benar
3.      Kata setan berasal dari bahasa Arab…….
a.       Syatan
b.      Syaithana
c.       Sayitana
d.      Syiatana
4.      Jin berasal dari bahasa…….
a.       Yunani
b.      Jawa
c.       Arab
d.      Persia
5.      Berikut ini yang bukan penghuni alam ghaib….
a.       Setan
b.      Iblis
c.       Jin
d.      Manusia
6.      Surat yang menerangkan tentang ketaatan malaikat kepada Allah terdapat dalam surat
a.       At-Tahrim : 4
b.      At-Tahrim : 5
c.       At-tahrim : 6
d.      At-tahrim : 7
7.      واهلكم ناراوقودها النا س   Kelanjutan ayat ini adalah…..
a.       على من يشا ء من عبا ده
b.      والحجا رة عليها ملئكة
c.       الى ربكم ترجعون
d.      يعلمون ماتفعلون  
8.      الا ليعبدون  arti potongan ayat ini adalah…..
a.       Tidak ada yang disembah selain Allah
b.      Melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku
c.       Bersujud kepada Adam
d.      Agar menjahui perbuatan jahat
9.      Malaikat yang dujuluki ruhul amin adalah…..
a.       Malaikat jibril
b.      Malaikat Izrail
c.       Malaikat Israfil
d.      Malaikat mikail
10.  Menyampaikan rezeki pada manusia dan mengatur hujan adalah tugas dari malaikat…
a.       Jibril
b.      Mikail
c.       Ridwan
d.      Malik
11.  Dapat berubah dan menjelma seperti makhluk lainnya merupakan salah satu sifat dari makhluk Allah di bawah ini, kecuali…..
a.       Malaikat
b.      Jin
c.       Iblis dan setan
d.      Manusia
12.  Jin memiliki kewajiban yang dengan manusia yaitu untuk…….
a.       Menyekutukan Alllah
b.      Melupakan Allah
c.       Menyembah Allah
d.      Mengesampingkan Allah
13.  Yang diusir Allah dari surga karena tidak mau sujud kepada Nabi Adam adalah…….
a.       Jin
b.      Malaikat
c.       Setan
d.      Iblis
14.  Cara meneladani sifat taat malaikat kepada Allah adalah…..
a.       Berusaha menaati Allah
b.      Bersikap acuh tak acuh kepada perintah Allah
c.       Malas beramal
d.      Mau beramal jika dipuji orang
15.  Orang yang tidak mempercayai malaikat, tidak akan sempurna imannya, karena……
a.       Malaikat adalah makhluk ghaib
b.      Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah
c.       Malaikat dicipkan Allah sebagai makhluk yang setia pada-Nya
d.      Iman kepada malaikat merupakan pokok kepercayaan dalam Islam

Kunci jawaban

1.  B
2.  A
3.  B
4.  C
5.  D
6.  C
7.  B
8.  B
9.  A
10.  B
11.  D
12.  C
13.  D
14.  A
15.  D



Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 8
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan Keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar
:
5.2 Menunjukan bukti kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
 Indikator
:
5.2.1 Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah SWT melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
5.2.2.Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
  5.2.3.Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
Waktu                         : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat melalui pengamatan fenomena alam
2.      Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib melalui pengamatan fenomena alam

B.     Materi Pelajaran  
Bukti kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,   iblis dan setan.

C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Penugasan
*      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam
2.      Memberi motivasi siswa, agar terfokus pada materi ini sehingga lebih kuat dan teguh     keimanan-Nya
b.  Kegiatan inti
1.      Guru membagi siswa beberapa kelompok
2.      Guru membagikan ketas kerja/work sheet yang telah disediakan
3.      Siswa berdiskusi sesuai dengan kelompoknya
4.      Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusinya
5.      Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil kelompok yang tampil/persentasi
6.      Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan
c.  Kegiatan penutup
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru mengadakan evaluasi
3.      Guru Memberi dorongan kepada siswa agar lebih giat lagi belajar

E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
* Teknik             : Tes Tulis
* Bentuk Tes      : Penugasan

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Amatilah fenomena alam sebagai bukti adanya malaikat dan makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan


Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 9
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan Keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar     : 5.3. Menjelaskan tugas-tugas dan sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
Indikator                    : 5.3.1. Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT
                                    5.3.2. Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT
                                    5.3.3. Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat dengan perbuatannya
 5.3.4. Menyebutkan sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
 5.3.5. Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, iblis dan setan
 5.3.6. Menjelaskan keterkaitan sifat jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia
Waktu                         : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat menyebutkan nama dan tugas malaikat
2.  Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat malaikat
3.  Siswa dapat menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat dengan perbuatannya
4.  Siswa menyebutkan sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
5.  Siswa dapat menjelaskan perbedaan malaikat, jin, iblis dan setan
6.  Siswa dapat menjelaskan keterkaitan sifat jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia.
B.     Materi Pelajaran
1.  Nama dan tugas malaikat, pertama Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi dan rasul utusan Allah, kedua, Mikail betugas untuk mengatur cakrawala, ketiga Israfil bertugas meniup sangkakala atau terompet, keempat Izrail bertugas mencabut nyawa, kelima, Raqib bertugas mencatat amal baik manusia, keenam, ‘Atid bertugas mencatat amal buruk manusia, ketujuh, mungkar bertugas menanyai mayat dalam kubur, kedelapan, nangkir bertugas menanyai mayat dalam kubur, kesembilan, Malik bertugas menjaga pintu Neraka, kesepuluh, Ridwan bertugas menjaga pintu Sorga.
2.  Sifat-sifat Malaikat, Pertama Patuh, tidak pernah durhaka, maksiat dan tidak pernah menantang perintah Allah SWT seperti, QS. al-Anbiya’ : 26-27
Artinya: Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak", Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintahNya.

Dalil lain tentang sifat Malaikat adalah, QS. at-Tahrim : 6

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Kedua, sifat malaikat yang lain adalah memulikannya, tawaduk karena tidak mau mendahului Allah, taat sepenuhnya kepada perintah Allah, tidak mendurhakai perintah Allah, dan selalu mengerkan perintah-Nya.

C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Penugasan
*      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam
2.      Memberi motivasi siswa, agar terfokus pada materi ini sehingga lebih kuat dan teguh     keimanan-Nya

b.      Kegiatan inti
1.      Guru membagi siswa beberapa kelompok
2.      Guru membagikan ketas kerja/work sheet yang telah disediakan
3.      Siswa berdiskusi sesuai dengan kelompoknya
4.      Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusinya
5.      Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil kelompok yang tampil/persentasi
6.      Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan
c.       Kegiatan penutup
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru mengadakan evaluasi
3.      Guru Memberi dorongan kepada siswa agar lebih giat lagi belajar

E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
*      Teknik             : Tes Lisan
*      Bentuk Tes      : Essay

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Sebutkanlah nama dan tugas malaikat !
2.      Sebutkanlah sifat-sifat Malaikat !
3.      Sebutkanlah dalil naqli tentang adanya Malaikat !
4.      Sebutkanlah dalil naqli tentang adanya jin, iblis dan setan !


Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 10
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan Keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar     : 5.4. Menunjukan ciri-ciri perilaku beriman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Indikator
:
5.4.1 Menunjukan ciri-ciri orang yang beriman kepada Malaikat Allah melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan.
5.4.2 Menunjukan ciri-ciri orang yang beriman kepada Makhluk gaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan.
Waktu                              : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran  
1.  Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri beriman kepada Malaikat Allah
2.  Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri beriman kepada makhluk gaib seperti jin, iblis dan setan

B.     Materi Pelajaran      
Ciri-ciri perilaku beriman kepada Malikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.

C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Penugasan
*      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam
2.      Memberi motivasi siswa, agar terfokus pada materi ini sehingga lebih kuat dan teguh     keimanan-Nya
b.  Kegiatan inti
1.      Guru membagi siswa beberapa kelompok
2.      Guru membagikan ketas kerja/work sheet yang telah disediakan
3.      Siswa berdiskusi sesuai dengan kelompoknya
4.      Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusinya
5.      Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil kelompok yang tampil/persentasi
6.      Guru bersama murid menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan
c.  Kegiatan penutup
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru mengadakan evaluasi
3.      Guru Memberi dorongan kepada siswa agar lebih giat lagi belajar

E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
* Teknik             : Tes Tulis dan Tes Lisan
* Bentuk Tes      : Penugasan

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Amatilah lingkungan untuk mencari bukti tentang adanya Malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya, jin, iblis dan setan !

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 11
Standar Kompetensi   :  6. Menghindari Akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar
:
6.1  Menjelaskan pengertian riya dan nifak
6.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku ria dan nifak
 Indikator
:
6.1.1       Menjelaskan pengertian riya
6.1.2       Menjelaskan pengertian nifak
6.2.1       Menyebutkan bentuk dan contoh perbuatan riya dan nifak
6.2.2       Menunjukan ciri-ciri orang yang memiliki sifat riya dan nifak
Waktu                          : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran  
1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian riya
2.  Siswa dapat menjelaskan pengertian nifak 

B.     Materi Pelajaran           
Ria berasal dari bahasa Arab Arriya yang berarti memperlihatkan atau pamer.Secara istilah riya adalah memperlihatkan perbuatan baiknya kepada orang lain dengan tujuan agar orang lain memujinya. Ria hampir sama dengan sum’ah, sum’ah yaitu suka menceritakan kebaikannya kepada orang lain dengan maksud agar orang lain memujinya.
Nifak secara bahasa berarti pura-pura, sedangkan secara istilah adalah sikap yang tidak menentu, tidak sesuai antara perbuatan dengan ucapannya, orang yang mempunyai sifat nifak disebut dengan munafik.
1.      Contoh dari perbuatan riya, seorang siswa mau melaksanakan tugas piketnya secara baik, setelah guru memasuki kelas dengan harapan guru menilai bahwa siswa tersebut tergolong siswa yang rajin melaksanakan tugas.
2.      Contoh dari perbuatan nifak dapat dilihat dalam al-Quran surat al-Baqarah : 14
#sŒÎ)ur (#qà)s9 tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqä9$s% $¨YtB#uä #sŒÎ)ur (#öqn=yz 4n<Î) öNÎgÏYŠÏÜ»ux© (#þqä9$s% $¯RÎ) öNä3yètB $yJ¯RÎ) ß`øtwU tbrâäÌöktJó¡ãB 
Artinya : Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman." Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok"

C.    Metode Pembelajaran
*    Diskusi
*    Penugasan
*    Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Appersepsi
2.      Memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan disampaikan
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Guru membagi siswa kepada beberapa kelompok
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
Siswa membaca dan menelaah buku tentang ria dan nifak
2.      Elaborasi
*      Siswa bersama guru menjelaskan pengertian ria dan nifak.
*      siswa berdiskusi bersama kawan kelompoknya
3.      Konfirmasi
*      Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa
*      Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa
c.  Kegiatan penutup :
*      Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*      Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*      Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru (sekiranya tidak dapat oleh siswa guru menjelaskan kemabli, seandainya dapat ditugasi untuk membaca materi pelajaran minggu depan.
E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
* Teknik             : Tes Tulis
* Bentuk Tes      :

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Jelaskanlah pengertian riya secara bahasa dan istilah !
2.      Jelaskan pula pengertian nifak secara bahasa dan istilah !
3.      Kemukakan salah contoh dari perbuatan ria !
4.      Kemukakan pula salah satu contoh dari perbuatan nifak !



Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 12
Standar Kompetensi   :  6. Menghindari Akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar
:
 6.3 Menunjukan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifak dalam fenomena kehidupan.
 Indikator
:
6.3.1       Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam fenomena kehidupan
6.3.2       Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifak dalam fenomena kehidupan
Waktu                          : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai negatif dari perbuatan riya
2.  Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai negarif dari perbuatan nifak 

B.     Materi Pelajaran           
1.      Akibat perbuatan riya, pertama, menghapus pahala amal perbuatan baik sebagaimana dijelaskan dalam QS al-Baqarah : 264

Artinya : Hai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan sipenerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.
                        Kedua, Mendapatkan dosa besar karena riya termasuk syirik
2.      Akibat sifat nifak Pertama, bagi diri sendiri, 1). Tercela dalam pandangan Allah dan manusia, 2). Hilangnya kepercayaan orang lain kepada dirinya, 3). Tidak disenangi dalam pergaulan hidup sehari-hari, 4). Mempersempit jalan untuk memperoleh rezeki, karena orang lain tidak mempercayainya lagi, 5). Memdapat siksa yang pedih kelak di hari akhirat, seperti firman Allah dalam QS an-Nisa : 145.
Artinya : Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.
     Kedua, bagi orang lain, 1). Merusak hubungan persahatan yang telah terjalin dengan baik, bahkan akan terjadi tindakan anarkis, 2). Membuka peluang munculnya fitnah karena ucapan dan perbuatannya yang tidak menentu, 3). Mencemarkan nama keluarga dan masyarakat sekitarnya.

C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Penugasan
*      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Appersepsi
2.      Memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan disampaikan
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Guru membagi siswa kepada beberapa kelompok
b.  Kegiatan inti
1.      Ekplorasi
Siswa membaca dan menelaah buku tentang nilai negatif dari ria dan nifak
2.      Elaborasi
Siswa bersama guru menjelaskan nilai negatif dari ria dan nifak
3.      Konfirmasi
*      Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa
*      Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa

c.  Kegiatan penutup
*      Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*      Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*      Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru (sekiranya tidak dapat oleh siswa guru menjelaskan kemabli, seandainya dapat ditugasi untuk membaca materi pelajaran minggu depan.
E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai

F.     Penilaian
*      Teknik             : Tes Tulis
*      Bentuk Tes      : Esssay

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Sebutkanlah akibat negatif dari berbuat riya !
2.      Sebutkan akibat negatif dari berbuat nifak !

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             :  MTsS Labuh
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            :  VII/II
Pertemuan                   : 13
Standar Kompetensi   :  6. Menghindari Akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar
:
6.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifak
 Indikator
:
  6.4.1.   Menghindari diri dari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifak
6.4.2. Menghindari perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
6.4.3. Menghindari perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Madrasah.
6.4.4. Menghindari perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari-hari di lingklungan masyarakat

Waktu                          : 2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menghindari perbuatan riya dan nifak baik di lingkungan keluarga, madrasah dan masyarakat. 

B.     Materi Pelajaran
1.  Cara menghindari perbuatan riya adalah :
*        Melatih diri untuk beramal secara ikhlas
*        Mengendalaikan diri agar tidak merasa bangga apabila ada orang yang memuji amal baik yang dilakukannya
*        Menahan diri agar tidak emosi apabila ada orang lain yang meremehkan kebaikan yang dilakukannya.
*        Tidak suka memuji kebaikan orang lain secara berlebih-lebihan, karena itu dapat mendorng pelakunya menjadi riya
*        Melatih diri untuk bersedekah secara sembunyi-sembunyi, untuk menghindari sanjungan orang lain.
2.  Cara menghindari perbuatan nifak adalah :
*        Menyadari bahwa nifak adalah larangan agama yang harus dijauhi dalam kehidupan sehari-hari

*        Menyadarin bahwa nifak akan merugikan diri sendiri dan orang lain sehingga dibenci dalam kehidupan.
*        Menyadarin bahwa nifak tidak sesuai dengan hati nurani.
*        Menyadarin bahwa kejujuran akan menentramkan hati.

C.    Metode Pembelajaran
*      Diskusi
*      Penugasan
*      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Appersepsi
2.      Memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan disampaikan
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Guru membagi siswa kepada beberapa kelompok

b.  Kegiatan inti
1.         Ekplorasi
Siswa membaca dan menelaah buku tentang cara menghindari perilaku dari ria dan nifak
2.          Elaborasi
Siswa bersama guru menjelaskan cara menghindari perilaku ria dan nifak
3.         Konfirmasi
*      Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa
*      Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa
c.  Kegiatan penutup
*      Kesimpulan : Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini
*      Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bemanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
*      Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari beberapa guru (sekiranya tidak dapat oleh siswa guru menjelaskan kemabli, seandainya dapat ditugasi untuk membaca materi pelajaran minggu depan.

E.     Alat atau Sumber Belajar
1.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2.  Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai


F.     Penilaian
* Teknik             : Tes Lisan
* Bentuk Tes      : Esssay

G.    Penutup
Soal Ujian
1.      Sebutkanlah hal-hal yang dilakukan untuk menghindari riya !
2.      Sebutkan pula hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari nifak !

Mengetahui                                                                                         Labuh,   15 Januari 2011
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



HASNIMAR                                                                                      EDRIZAL, S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002                                                             Nip.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan komentari tulisan ini.......

Pengikut