RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsS Labuh
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B.
Kompetensi Dasar :
4.1
Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
C.
INDIKATOR
4.1.1
Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
4.1.2
Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
4.1.3
Menyebutkan arti 10 Asmaul Husna
4.1.4
Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna
D.
Tujuan Pembelajaran :
§ Dapat
menyebutkan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan dan tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menyimpulkan 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber
belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
E.
Materi Pembelajaran :
§ menjelaskan Dasar dan
Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ pengertian
Dasar dan Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ tujuan
Dasar dan Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ menyimpulkan
Dasar dan Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
F.
Metode Pembelajaran :
§ Ceramah
§ Kerja
kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Dasar dan
Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Diskusi
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Do’a
Absensi
Baca
Al-quran
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang Dasar
dan Tujuan 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan Dasar dan Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
v Kegiatan inti
Ø Siswa
Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan 10 Asmaul
Husna. (eksplorasi)
Ø Siswa
diminta membaca 10 Asmaul Husna
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna
Ø Siswa
diminta untuk Menguraikan 10 Asmaul Husna
Ø Diskusi
kelompok tentang Menguraikan 10 Asmaul Husna (Elaborasi)
Ø Guru
dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru
melaksanakan penilaian lisan
Ø Tanya jawab tentang Dasar dan Tujuan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
Ø Guru memberikan
tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
15
50
5
5
5
|
¨ Pemahaman
Konsep
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
H.
Sumber
Pembelajaran
§ Al-Qur’an
dan terjemahnya
§ Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil
kerja siswa
I.
Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
Ø
Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
Ø
Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10
Asmaul Husna
Ø
Menyebutkan arti
10 Asmaul Husna
Ø
Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Ø
Jelaskan pengertian Akidah menurut bahasa dan
istilah?
Ø
Jelaskan tujuan mempelajari Akidah Islam ?
Ø Sebutkan
dasar–dasar dan tujuan akidah Islam ?
|
Mengetahui Labuh, Januari 2013
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
HASNIMAR EDRIZAL,
S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002 Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsS Labuh
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B.
Kompetensi Dasar :
4.2.
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
C.
INDIKATOR
4.2.1
Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.
4.2.2
Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya.
D.
Tujuan Pembelajaran :
§ Dapat
menyebutkan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan dan tujuan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menyimpulkan kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber
belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
E.
Materi Pembelajaran :
§ menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ pengertian
kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ tujuan
kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ menyimpulkan
kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
F.
Metode Pembelajaran :
§ Ceramah
§ Kerja
kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum), dan macam-macam kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Diskusi
§ Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Do’a
Absensi
Baca
Al-quran
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
v Kegiatan inti
Ø Siswa
Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna. (eksplorasi)
Ø Siswa
diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
Ø Diskusi
kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Elaborasi)
Ø Guru
dan siswa menyimpulkan
bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul
Husna (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru
melaksanakan penilaian lisan
Ø Tanya jawab dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Ø Guru memberikan
tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
20
50
10
|
¨
Pemahaman Konsep
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
H. Sumber
Pembelajaran
§ Al-Qur’an
dan terjemahnya
§ Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
I.
Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
Ø
Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan
sekitar.
Ø
Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq
ciptaan-Nya
|
Penugasan
|
Jawab singkat
|
Ø
Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. ?
Ø
Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya ?
|
Mengetahui Labuh, Januari 2013
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
HASNIMAR EDRIZAL,
S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002 Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsS Labuh
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B.
Kompetensi Dasar :
4.3. Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
C. INDIKATOR
4.3.1 Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh
perilaku orang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani
oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
D.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat
menyebutkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz,
Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz,
Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menjelaskan dan tujuan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
(Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Dapat
menyimpulkan Perilaku
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar,
Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber
belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
C.
Materi Pembelajaran :
§ menjelaskan
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar,
Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
§ pengertian
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar,
Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
§ tujuan
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar,
Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
§ menyimpulkan
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
D.
Metode Pembelajaran :
§ Ceramah
§ Kerja
kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku
orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith,
An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Do’a
Absensi
Baca
Al-quran
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang perilaku
orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith,
An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan perilaku orang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
v Kegiatan inti
Ø Siswa
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali
perilaku orang yang mengamalkan
10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat
diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. (eksplorasi)
Ø Siswa
diatur untuk saling bertanya dan guru
memberikan skor
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna
Ø Diskusi
kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Elaborasi)
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
tentang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru
melaksanakan penilaian lisan
Ø Tanya jawab tentang perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø Guru memberikan
tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
15
50
10
5
|
¨
Pemahaman Konsep
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
F. Sumber
Pembelajaran
§ Al-Qur’an
dan terjemahnya
§ Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
G.
Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
Ø
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku
orang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia
dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
Penugasan
Penugasan
|
Jawab singkat
Uraian
|
Ø
Sebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang
yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam
kehidupan sehari-hari ?
Ø
Jelaskan perilaku orang yang mengamalkan 10
al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum). ?
|
Mengetahui Labuh, Januari 2013
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
HASNIMAR EDRIZAL,
S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002 Nip.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsS Labuh
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B.
Kompetensi Dasar :
4.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
C.
INDIKATOR
4.4.1
Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
4.4.2
Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat
menyebutkan sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ Dapat
menjelaskan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ Dapat
menjelaskan dan tujuan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ Dapat
menyimpulkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam
kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber
belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
E.
Materi Pembelajaran :
§ menjelaskan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
dalam kehidupan sehari-hari
§ pengertian
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ tujuan
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ menyimpulkan
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan
sehari-hari
F.
Metode Pembelajaran :
§ Ceramah
§ Kerja
kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari,
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Do’a
Absensi
Baca
Al-quran
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan
sehari-hari
v Kegiatan inti
Ø Menanyakan
kepada siswa tentang sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
dalam kehidupan sehari-hari. (eksplorasi)
Ø Siswa
Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,
Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan
sehari-hari. (Elaborasi)
Ø Diskusi
kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul
Husna
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
tentang Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø Guru
melaksanakan penilaian lisan
Ø Tanya jawab tentang sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru memberikan
tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
15
50
10
5
|
¨
Pemahaman Konsep
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
H.
Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an
dan terjemahnya
§ Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
I.
Assessment/ Penilaian
Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin
tahu, kerja sama
|
Ø
Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
Ø
Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Hafalkan
|
Ø Hafalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga. ?
Ø Hafalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah. ?
|
Mengetahui Labuh, Januari 2013
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
HASNIMAR EDRIZAL,
S.Pd.I
Nip. 19520806 198103 2 002 Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentari tulisan ini.......